Minggu, Agustus 22, 2010

Contoh Proposal MGMP


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
UURI No 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 44 ayat (1) mengamanatkan bahwa pemerintah dan pemerintah daerah wajib membina dan mengembangkan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah dan pemerintah daerah. Pembinaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan perlu secara terns menerus dalam upaya pencapaian standar nasional pendidikan. Peningkatan mutu dan relevansi pendidikan merupakan salah satu program pembangunan nasional dan rencana strategis pendidikan. Peningkatan mutu dan relevansi pendidikan eras kaitannya dengan pengembangan sumber daya manusia. Peningkatan Mutu Pendidikan tidak terlepas dari upaya semua komponen meliputi kepala sekolah, guru, Pengawas sekolah, Pegawai sekolah, orang tua siswa/Komite Sekolah, siswa, dan pemerintah. Guru memegang peranan dan memiliki kedudukan yang strategis dalam menjamin mutu pendidikan. Guru salah satu faktor dominant dalam membelajarkan peserta didik di sekolah. Kenyataan dalam kurun waktu terakhir memprihatinkan menurunnya presentasi lulusan baik di lihat dari aspek mutu maupun jumlahnya.


 
Dalam rangka pembinaan terhadap gugus di tingkat sekolah dasar Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Ditjen PMPTK) Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan melalui LPMP berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, salah satu diantara adalah merevitalisasi Kelompok Kegiatan Guru (KKG), sekarang telah dilaksanakan pembinaan gugus melalui SD inti sebagai pusat kegiatan.
Sebagai tolak ukur keberhasilan pembinaan tersebut perlu diadakan kegiatan optimal dalam bentuk perlombaan yang kompetitif dalam upaya untuk menumbuhkan motivasi dan kecintaan terhadap gugus sedini mungkin. Mengingat perlombaan di sekolah Dasar akhir-akhir ini terbatas pada kegiatan pendalaman materi yang pesertanya hanya guru kelas IV dan V saja, sedangkan guru-guru yang lain jarang melaksanakan pertemuan di tingkat gugus masing-masing secara optimal. Oleh karena itu perlu diciptakan suatu kegiatan optimal yang terencana dan sistematika serta berkesinambungan.
Melihat permasalahan di atas KKG Kls Gugus I Lamno Meurehom Daya bekerjasama dengan Pengawas dan Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Jaya beserta instansi terkait lainnya memandang perlu untuk menyelenggarakan kegiatan peningkatan mutu pendidikan pada tahun 2010 diantaranya pelaksanaan aktivitas Kelompok Kerja Guru (KKG) melalui pemberian dana langsung (Block Grant) oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP). Kegiatan yang akan di laksanakan adalah menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dokumen II, Pengembangan bahan ajar, penggunaan media pembelajaran, pengembangan bahan ajar Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) dalam PBM yang PAKEM
Dengan harapan agar kegiatan ini dapat memberi dampak positif bagi peningkatan mutu pendidikan pada KKG Kls Gugus I Lamno Meurehom Daya dan seluruh Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Jaya khususnya dan Seluruh Sekolah Dasar yang ada di Kabupaten Aceh Jaya umumnya.

A. Tujuan
Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG)  ini bertujuan antara lain untuk :
1.      Meningkatkan kemampuan peserta KKG dalam menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dokumen II.
2.      Meningkatkan kemampuan peserta KKG dalam Pengembangan bahan ajar
3.      Meningkatkan kemampuan peserta KKG dalam penggunaan media pembelajaran
4.      Meningkatkan wawasan peserta KKG tentang pengembangan bahan ajar Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) dalam PBM yang PAKEM
B.     Sasaran
Sasaran diadakan kegiatan KKG Kls Gugus I Lamno  Meurehom Daya adalah semua guru-guru mata pelajaran  yang aktif mengajar baik di SD Negeri maupun MI di Kecamatan Jaya yang jumlahnya 85 orang, yaitu sebagai berikut :
No
Nama Sekolah
Jumlah

Keterangan

1

2

3

4

5

6

7


SD Negeri I Lamno

SD Negeri 2 Lamno

SD Negeri Sango

SD Negeri Babah Krueng

SD Negeri Sabet

SD Negeri lhuet

MIN Lamno
13 orang

14 orang

13 orang

15 orang

06 orang

09 orang

15 orang



Jumlah

85




C.    Hasil yang Diharapkan
Adapun hasil yang diharapkan dari pelaksanaan Program pemberian dana Block Grant pada KKG Kls Gugus I Lamno  Meurehom Daya adalah:
a.       Meningkatnya kemampuan dalam menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dokumen II.
b.      Meningkatnya kemampuan peserta KKG dalam Pengembangan bahan ajar
c.       Meningkatnya kemampuan peserta KKG dalam penggunaan media pembelajaran
d.      Memberikan peyegaran dan peningkatan kemampuan peserta dalam:
a.       Pengembangan perangkat pembelajaran
b.      Penerapan Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM) semua mata pelajaran
e.       Meningkatnya kemampuan peserta KKG mengunakan ICT dalam PBM  yang  PAKEM.

D.    Manfaat
Melalui Kelompok Kerja Guru kelas memberikan mamfaat kepada berbagai pihak antara lain untuk :
1.      Siswa : terciptanya pembelajaran yang PAKEM, Memberikan kesempatan untuk mengikuti pembelajaran lebih bermakna dan bermutu.
2.      Guru : memiliki perangkat pembelajaran yg pakem, dapat kesempatan bagi untuk meningkatkan kompetensi sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan yang di tetapkan oleh Badan Standar Nasional (BSNP).
3.      Kelompok kerja (MGMP) : Dapat memberdayakan guru di sekolah sebagai fasilitator
4.      Sekolah : tersedianya perangkat pembelajaran (Dokumen dua) yang lengkap dan sistematis. memiliki guru yang berkompeten dan mampu meningkatkan
5.      PEMDA : memiliki guru yang profesional sesuai dengan sertifikasisehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan
6.      Negara : memiliki SDA yang handal dan tepat guna.








BAB II
DESKRIPSI PELAKSANAAN PROGRAM DALAM
SATU TAHUN TERAKHIR


A.    Program Kegiatan
Dalam pelaksanaan kegiatan KKG Kls Gugus I Lamno Meurehom Daya telah dicapai beberapa perkembangan yang memadai dalam hal peningkatan kinerja guru Sekolah Dasar baik yang mengajar di SD maupun MI antaralain telah memahami esensi Kurikulum Bebasis Kompetensi dan telah tersosialisasinya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), terwujudnya guru Sekolah Dasar yang memiliki pengetahuan dan sikap serta keterampilan secara akumulatif mengarah pada penguasaan secara komprehensif dengan kemampuan yang memadai dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsinya sebagai guru Sekolah Dasar  khususnya dalam hal proses pembelajaran secara efektif, efisien dan inovatif.
Gambaran kompetensi tersebut terurai secara rinci dan sistematis pada kegiatan yang telah diprogramkan dengan beberapa hasil unjuk kerja sebagai berikut:
1.      Penyusunan Program Tahunan, Program Semester berdasarkan kurikulum KBK
2.      Pengembangan silabus kelas I sampai dengan kelas VI
3.      Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
4.      Penyusunan RPP
5.      Pembekalan materi esnsial/materi sulit
6.      Sosialisasi KTSP
7.      Sosialisasi Kebijakan Depdiknas




B.     Kegiatan
Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah dalam bentuk pertemuan berkala yang dilakukan setiap hari rabu dengan dukungan dana swadana dari peserta dan tambahan yang tidak mengikat terutama dari pihak sekolah yang ada dikabupaten Aceh Jaya. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut KKG Kls Gugus I Lamno Meurehom Daya memberdayakan tutor teman sejawat, artinya tidak mendatangkan nara sumber dari luar mengingat dana sangat terbatas.

C.    Tujuan
  1. Peserta memahami kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan
  2. Peserta dapat menyusun pengembangan silabus
  3. Peserta memahami tentang KTSP
  4. Peserta dapat menyusun perangkat pembelajaran
  5. Peserta dapat menyusun alat evaluasi
  6. Peserta dapat mengembangkan bahan ajar
  7. Menghasilkan hasil kerja kelompok sesuai dengan kebutuhan

D.    Hasil Yang Dicapai
Sungguh telah banyak hasil yang dicapai selama KKG Kls Gugus I Lamno Meurehom Daya melakukan kegiatan sebagaimana kami uraikan di atas namun dibalik hasil yang telah dicapai masih banyak pula harapan-harapan yang belum terlaksana dengan memuaskan, karena itulah kami ingin pada tahun 2010 ini akan mengembangkan keberadaan KKG Kls Gugus I Lamno Meurehom Daya untuk meningkatkan kegiatan pada tahun 2010 ini. Adapun hasil yang sudah dicapai pada kegiatan yang lalu antara lain sebagai berikut :
1.      Terciptanya program kerja guru Sekolah Dasar yang dihasil dari kerja kelompok peserta KKG Kls Gugus I Lamno Meurehom Daya.
2.      Menghasilkan silabus dan RPP KTSP
3.      Tersosialisanya Kebijakan Depdiknas kepada peserta
Namun ada beberapa hal yang belum sempat terlaksana antara lain penyusunan alat evaluasi,pengembangan bahan ajar,  pembuatan LKS, penyusunan soal-soal, dan lain-lain.



















BAB III
RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM

A.    Jenis Program, Tujuan dan Kegiatan
Adapun jenis program, tujuan dan Kegiatan Kelompok Kerja Guru Kelas dan Mata Pelajaran dapat dilihat pada tabel berikut :
Tabel I
Rencana Program, Tujuan dan Kegiatan Musyawarah Kelompok
Kerja Guru Kelas Gugus I Lamno Meureuhom Daya
Kabupaten Aceh Jaya Tahun Pelajaran 2010/2011
No
Jenis Program
Tujuan

Kegiatan

1
2
3
4
1.








2.





3.
Pengembangan Kurikulum/Silabus







Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)



Pengembangan perangkat pembe- lajaran

Guru :
Mampu mendiskripsi kan tujuan/kompetensi pembelajaran.





Guru : Mampu menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)


Guru :
-      Mampu menentukan sumber belajar / media/alat peraga pembela jaran.
-      Mengorganisir ela-lui suatu rancangan dan mampu memper dayakan sumber bela jar yg ada disekolah maupun lingkungan nya.
-      Mampu mengguna kan alat peraga.

-       Penulisan indentitas mata pelajaran.
-       Perumusan standar kompetensi.
-       Penentuan kompetensi Dasar.
-       Penentuan materi pokok dan uraiannya.
-       Penentuan pengala man belajar.
-       Penentuan alikasi waktu.
-       Penentuan sumber bahan ajar.

Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
perstandar Kompetensi Dasar (KD) dengan ketentuan-keten tuan yang diterap kan BSNP.


- Penyusunan rancangan /skenario pembelaja- ran.
- Menganalisa kebutu – han bahan/sarana pem belajaran/pengembang bahan ajar.
-    Membuat alat peraga/ media sederhana.
-    Pembuatan Lembaran Kerja Siswa (LKS)

Batas



No
Jenis Program
Tujuan

Kegiatan

1
2
3
4

4.











5.










6.









Pengembangan sistem penilaian dan program tin dak lanjut.








Analisis Pencapaian Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Siswa.




Analisis butir soal


Guru :
Untuk memperoleh & mengefektifkan infor masi-informasi tentang hasil belajar siswa sela ma dan setelah kegiatan belajar mengajar ber langsung.




Guru :
Mengetahui ketuntasan siswa dalam menguasai tiap kompetensi dasar yang telah ditetapkan mengklarifikasikan.





Guru :
Dapat menentukan kore lasi tingkat ketrampilan antara soal berdasarkan hasil penilaian.


- Menentukan :
o    Mekanisme penilaian.
o    Aspek prilaku yg diukur.
o    Bentuk penilaian yang digunakan.
o    Metode penilaian yang digunakan.
-    Menyiapkan perangkat penilaian.
-    Menyusun Lembaran Hasil Belajar (LHBS)
-    Menyusun program tin dakan lanjutan hasil penilaian.




-    Mengelola dan menga nalisis hasil pencapai an ketuntasan.
-    Membuat interprestasi kecenderungan hasil pencapaian ketuntasan
-    Mengidentifikasikan tingkat variasi hasil pencapaian ketuntasan
-    Menyimpulkan dari hasil analisis pencapaian ketuntasan secara jelas dan logis. 


-    Menentukan soal berdasarkan tingkat kesu karan.
-    Menentukan soal berdasarkan tingkat pem- beda.
-    Memperbaiki soal tidak valid.

Batas












No
Jenis Program
Tujuan

Kegiatan

1
2
3
4

7.














8.





9.






10.

Kajian materi Matematika













Kajian materi/pe nguasaan bahan kajian akademik.


Pemahaman wa-wasan .





Desiminasi hasil kegiatan seminar.


Guru :
- Menentukan metode/     strategi pembelajaran
- -  Mengorganisir materi
--- Menggunakan bahan yang komunitatif.
-   Memotifasi siswa
- Mengorganisir kegia tan siswa secara ko munikatif.
- Memberikan umpan balik.
- Menggunakan waktu yang efektif.
- Melaksanakan evaluasi. 

Guru :
-      Pemahaman wawa san pendidikan.
-      Penguasaan bahan kajian akademik.

Guru :
Pengembangan kemampuan prosesi guru 
-      Memahami hubungan pendidikan dan pen ngajaran.

Guru :
-Mengidentifikasi pe mahaman umum pen didikan dalam hal proses dan hasil pen didikan. 


-Melihat hasil kerja se lama pelaksanaan pe latihan Musyawarah Kelompok Kerja Guru (KKG).
Evaluasi program KKG selama pelaksanaan pelatihan berlangsung



-    Menyusun metode pem belajaran aktif.
-    Praktek pembelajaran aktif.
-    Struktur peragaan matematika.
-    Menyusun metode pem belajaran aktif.
-    Praktek pembelajaran aktif
-    Struktur peragaan matematika.









-    Memahami struktur pe ngetahuan. Menguasai substansi kekuasaan se suai dengan jenis pela yanan yang dibutuhkan siswa.


-    Melatih sejumlah fasili sator yang siap menja lankan tugas pada sosialisasi. 





- Memprestasikan hasil kerja.
bbbbb


B.     Rencana Penggunaan Biaya Kegiatan KKG
No

URAIAN

Volume
Satuan
 JUMLAH
 ( Rp )





A.
PERSIAPAN
1.    Mengadakan Rapat Gugus
2.    Pengadaan Perlengkapan ADM/ATK
3.    Membuat Proposal

20 bks
1 paket
4  set

11.500
300.000
112.500

     230.000,-
300.000,-
450.000,-
JUMLAH


980.000,-





B.
PELAKSANAAN KEGIATAN
1.      Transport peserta kegiatan KKG
2.      Snack peserta Kegiatan KKG
3.      Mendatangkan Nara Sumber dari LPMP Banda Aceh
    1. Transport
    2. Penginapan
    3. Konsumsi
    4. Uang Saku
4.      Transport  Tutor
5.      Transport Panitia
6.      Transport  Pengawas dan Monitoring
7.      Cleaning Service
                       
24 org x 12 kl
30 org x 12 kl

1 org x 1 kl ptmn
1 malam
1 paket
1 orang
4 Org  x 3 kl Prtn
6 org x 2 kl
5 org x 2 kl
12 kl
                       
20.000
3..000

300.000
250.000
150.000
500.000
100.000
50.000
50.000
25.000

                       
5.760.000,-
1.080.000,-

300.000,-
250.000,-
150.000,-
500.000,-
1..200.000,-
600.000,-
500.000,-
300.000,-
JUMLAH


10.640.000-
C.
MANAJEMEN DAN PELAPORAN


530.000,-
JUMLAH


530.000,-
D.
DISEMINASI HASIL KEGIATAN  ( SERTIFIKAT )
35 lembar
10.000
350.000,-
JUMLAH


350.000,-
JUMLAH  KESELURUHAN


12.500.000,-







C.    Jadwal Pelaksanaan
Pelaksanaan kegiatan Kelompok Kerja Guru kelas I, II, III, IV, V, dan VI setiap minggu sekali (pada hari rabu) dimulai dari pukul 14.00 Wib sampai dengan jam 17.30 Wib di pusatkan pada SD Negeri I Lamno Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya.

D.    Waktu Dan Tempat Kegiatan
  1. Waktu
Pendidikan dan latihan KKG Kls Gugus I Lamno Meurehom Daya akan dilaksanakan pada awal tahun 2010 bulan Juli 2010 s/d bulan Desember 2010.
  1. Tempat
Tempat penyelenggaraan pendidikan dan latihan KKG Kls Gugus I Lamno Meurehom Daya  akan dilaksanakan di SD Negeri I Lamno kecamatan Jaya  Kabupaten Aceh Jaya  sebagaimana tercatum dalam jadwal kegiatan KKG Kls Gugus I Lamno Meurehom Daya  Tahun Pelajaran 2010.











JADWAL KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU KELAS MELALUI GUGUS I LAMNO MEUREUHOM DAYA KECAMATAN JAYA
KABUPATEN ACEH JAYA
NO.
PROGRAM
JADWAL PELAKSANAAN PROGRAM
KET
B  U  L  A  N
Juli
Agustus
September
Oktober
November

1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
Pengembangan Kurikulum/Silabus






R
A
M
A
D
H
A
N












2.
Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
















3.
Pengembangan perangkat pembe- lajaran.
















4.
Pengembangan sistem penilaian dan program tin dak lanjut.
















5.
Analisis Pencapaian Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Siswa.

















6.
Analisis butir soal
















7.
Kajian materi Matematika
















8.
Kajian materi/pe nguasaan bahan kajian akademik.
















9.
Pemahaman wa-wasan .
















10.
Desiminasi hasil kegiatan seminar.


















Lamno, 24 April  2010
Ketua KKG Kls,
                                 Pelaksanaan

 


                                 Libur Puasa
SHANTY, S. Pd
NIP. 19810604 200212 2 001



BAB IV
PENUTUP

            Dengan memperhatikan berbagai macam usaha yang dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan di SD maka maka peran KKG Kls dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan pengembangan wawasan guru sangat penting untuk menghindari kesenjangan kemampuan yang terjadi karena adanya perbedaan antar kemampuan yang diharapkan (optimal) sebagai tuntutan pelaksanaan tugas dan kemampuan yang ada (aktual). Dapat mengatasi (mengisi) kekurangan / kebutuhan atau kelemahan sehingga perbuatan atau prestasi kerja meningkat.
Pembinaan guru di gugus pada hakikatnya merupakan salah satu upaya untuk memberikan kesempatan kepada guru-guru sebagai sumber daya manusia yang berpotensi agar dapat meningkatkan mutu pendidikan di era globalisasi ini. Dengan adanya petunjuk proposal ini diharapkan dapat mempermudah pihak-pihak yang berkompoten dalam pembinaan guru yang profesional, mudah-mudahan dengan terlaksananya program yang positif ini dapat membawa nama besar serta dapat meningkatkan harkat dan martabat daerah dan bangsa dimasa yang akan datang
Kepada instansi yang terkait agar memberikan dana pendukung operasional KKG yang tidak mencukupi, sarana dan prasarana belum optimal. Akhirnya kepada semua pihak kami mengharap untuk dapat mempelajari proposal ini dan sudi kiranya mendukung tentang apa yang telah kami putuskan demi peningkatan mutu pendidikan di negeri. Proposal disusun berdasarkan hasil musyawarah dengan dewan guru yang ada di imbas SD Negeri I Lamno.           




A.    Lampiran-Lampiran
  1. Susunan pengurus yang disahkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau. Dinas Pendidikan Kecamatan.
  2. Anggaran Dasar dan Rumah Tangga yang disahkan oleh kepala dinas Pendidikan kecamatan / Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota
  3. Fotocopy bukti-bukti pengeluaran anggaran untuk kegiatan 1 tahun terakhir.
  4. Rekap pelaksanaan kegiatan untuk 1 tahun terakhir.
  5. Daftar Hadir kegiatan yang berbeda, dalam. 1 tahun terakhir (5 kali pertemuan dalam waktu yang berbeda)
  6. Fotocopy Nomor Rekening Bank atas nama organisasi.
  7. Foto Kegiatan Gugus.















Copy of Copy of LOGO JAYAPEMERINTAH KABUPATEN ACEH JAYA
DINAS PENDIDIKAN
SD NEGERI I LAMNO
KECAMATAN JAYA
 



PENGURUS KELOMPOK KERJA GURU (KKG) KELAS
GUGUS I LAMNO MEUREHOM DAYA

A.    Pendahuluan
Dalam rangka meningkatkan mutu Pendidikan Dasar khususnya di KKG kls Gugus  I  Lamno Meurehom Daya. Atas hal tersebut sebagai bahan telaahan perbandingan beberapa informasi perlu input untuk pengkajian selanjutnya dalam upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar.
Kami memerlukan perhatian khusus untuk mengejar ketinggal-ketinggalan nya karena disebabkan berbagai permasalahan baik sumberdaya manusianya maupun faktor-faktor sosial ekonomi yang mempengaruhinya.

B.     Tujuan
Maksud dan tujuan pembuatan Program Kerja ini adalah guna memberikan masukan-masukan dan memudahkan dalam menindak lanjuti Pelaksanaan Kelompok  Kerja Guru (KKG) Kls sehingga dapat diperoleh hasil yang maksimal.

C.    Penutup
Demikianlah laporan Kerja KKG Kls yang sederhana ini kami susun, dan atas kekurangan-kekurangan yang ditemukan kami menerima saran-saran dan koreksi seperlunya untuk peningkatan untuk memperoleh hasil seperti yang diharapkan pemerintah.
Kelompok Kerja Guru KKG pada lampiran dibawah ini kami sampaikan kepada bapak Pengawas TK/SD Kecamatan Jaya dengan tembusan kepada :
1.      Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Jaya
2.      Arsip
3.       


Ketua,


SHANTY, S. Pd
NIP. 19810604 200212 2 001

Matangglumpangdua, 20 April 2010
Pengurus KKG
Sekretaris,


SYAMSUDDIN RANI
NIP. 19690113 199901 1 002
Mengetahui :
Kepala Dinas Pendidikan Aceh Jaya




M. YUSUF A, S.Pd
Pembina TK.I / 19611110 198403 1 004















JADWAL PROGRAM KERJA KKG Kls GUGUS I LAMNO
Di SD NEGERI I LAMNO
No.
Hari/Tanggal Pertemuan
Tempat/Waktu

Materi Kegiatan

Ket

1.
2.
3.

4.
5.

6.

7.

8.
9.

10.
11.
12.


Rabu, 21 Juli 2010
Rabu, 28 Juli 2010
Rabu, 04 Agustus 2010

Rabu, 22 September 2010
Rabu, 29 September 2010

Rabu, 06 Oktober 2010

Rabu, 13 Oktober 2010

Rabu, 20 Oktober 2010
Rabu, 27 Oktober 2010

Rabu, 03 November 2010
Rabu, 10 November 2010
Rabu, 24 November 2010
SDN I Lamno
14.00 – 17.30  Wib
14.00 – 17.30  Wib
14.00 – 17.30  Wib

14.00 – 17.30  Wib
14.00 – 17.30  Wib

14.00 – 17.30  Wib

14.00 – 17.30  Wib

14.00 – 17.30  Wib
14.00 – 17.30  Wib

14.00 – 17.30  Wib
14.00 – 17.30  Wib
14.00 – 17.30  Wib

1.  Pengembangan Kurikulum/Silabus
2.  Pengembangan Kurikulum/Silabus
3.  Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
4.  Pengembangan perangkat pembelajaran.
5.  Pengembangan sistem penilaian dan program tin dak lanjut.
6.  Analisis Pencapaian Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Siswa.
7.  Analisis Pencapaian Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Siswa
8.  Analisis butir soal
9.  Kajian materi/penguasaan bahan kajian akademik.
10.      Pemahaman wa-wasan.
11.      Desiminasi hasil kegiatan seminar.
12.      Evaluasi Program KKG



Ketua,


SHANTY, S.Pd
NIP. 19810604 200212 2 001

Lamno, 20 April 2010
Pengurus KKG Kls
Sekretaris,


SYAMSUDDIN RANI
NIP. 19690113 199901 1 002

Mengetahui :
Kepala Dinas Pendidikan Aceh Jaya



M. YUSUF A, S.Pd
Pembina TK.I / 19611110 198403 1 004



KEADAAN KELOMPOK KEGIATAN GURU KELAS
GUGUS I LAMNO MEUREHOM DAYA
KEC. JAYA KABUPATEN ACEH JAYA


NO

NAMA SEKOLAH
STATUS
ALAMAT
KET

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

SDN I Lamno

SDN 2 Lamno

SDN Babah Krueng

SDN Sango

SDN Sabet

SDN Lhuet

MIN Lamno

Negeri

Negeri

Negeri

Negeri

Negeri

Negeri

Negeri

Pasar lamno

Desa Meunasah weh

Desa Babah Krueng

Desa Sango

Desa Sabet

Desa Lhuet

Desa Pante keutapang

SD Inti

SD Imbas

SD Imbas

SD Imbas

SD Imbas

SD Imbas

SD Imbas

Pelaksanaan KKG Kls GUGUS I LAMNO
Setiap hari Rabu Pukul 14.00 Wib s/d 17.30 Wib

Jadwal ini bisa berubah sewaktu-waktu apabila jatuh pada hari libur

Ketua,



SHANTY, S.Pd
NIP. 19810604 200212 2 001

Lamno, 20 April 2010
Pengurus KKG Kls
Sekretaris,



SYAMSUDDIN RANI
     NIP. 19690113 199901 1 002




Copy of Copy of LOGO JAYAPEMERINTAH KABUPATEN ACEH JAYA
DINAS PENDIDIKAN
SD NEGERI I LAMNO
KECAMATAN JAYA
 



27 April 2010

Kepada Yth,
Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP)
Propinsi Aceh
di-
    Banda Aceh


SURAT PENGANTAR
Nomor : 422.1/      /SD/2010

No.

Jenis Kiriman

Banyaknya
Keterangan


Proposal permohonan dana bantuan block grant KKG Kls Gugus I Lamno Meurehom Daya Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya.

1 (satu) eks

Dengan hormat,

Bersama ini kami kirimkan kepada sdr Proposal untuk dapat diproses lebih lanjut.

Demikian Terima kasih


Ketua KKG Kls,



SHANTY, S. Pd
NIP. 19810604 200212 2 001

Tembusan :
Dengan hormat kami sampaikan
ÿ  Kepala Dinas Pendidikan Prov. Aceh
ÿ  Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bireuen
ÿ  Pertinggal



HALAMAN PENGESAHAN


Judul Kegiatan:              : Peningkatan Pedalaman Materi dan Alat Peraga bagi guru kelas



Nama Gugus                 :  KKG Kls GUGUS I LAMNO MEUREHOM DAYA

Kabupaten                      :  Aceh Jaya
Provinsi                          :  Aceh
Tahun                             :  2010
Ketua                             :  SHANTY, S.Pd
Sekretaris                       :  SYAMSUDDIN RANI
Bendahara                      :  NURHADISAH, A.Ma.Pd
Alamat KKG                 : SD Negeri I Lamno
Telepon                          : 0651-8055070 / 085270071125


Aceh Jaya, 24 April 2010
Ketua KKG Kls Gugus I Lamno




SHANTY, S.Pd
Nip. 19810604 200212 2 001

                                                        




Mengetahui :
Kepala Dinas Pendidikan Aceh Jaya




M. YUSUF A, S.Pd
Pembina TK.I / 19611110 198403 1 004


                                                                         

                                      












PROPOSAL

PROGRAM KEGIATAN PENINGKATAN
PEDALAMAN MATERI DAN ALAT PERAGA BAGI GURU KELAS
MELALUI DANA BANTUAN LANGSUNG (BLOCK GRANT)
KABUPATEN ACEH JAYA PROVINSI ACEH
TAHUN 2010











KETUA     : SHANTY, S.Pd
Tempat dan Alamat Kegiatan        : SD NEGERI I LAMNO,
Pasar Lamno Kecamatan Jaya. Telp/HP : 0651-8055070 / 085270071125









DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN ACEH JAYA
2010




STRUKTUR KKG Kls GUGUS I LAMNO MEUREHOM DAYA
KECAMATAN JAYA ACEH JAYA

 

































Ketua,


SHANTY, S.Pd
NIP. 19810604 200212 2 001

Lamno, 20 April 2010
Pengurus KKG Kls
Sekretaris,


SYAMSUDDIN RANI
      NIP. 19690113 199901 1 002
Mengetahui :
Kepala Dinas Pendidikan Aceh Jaya



M. YUSUF A, S.Pd
Pembina TK.I / 19611110 198403 1 004



DAFTAR PEMANDU BIDANG STUDI GUGUS IV


NO

PEMANDU

BIDANG STUDI
JABATAN
TEMPAT TUGAS
KET
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
ZAINAL ARIFIN, A.Ma
JULIANA, A.Ma
HARTATI, A.Ma
SHANTY, S.Pd
KASRIATI, A.Ma
FAUZAN, A.Ma
RATNA DEWI, A.Ma
MARLIZAH, A.Ma
SARMI, A.Ma
NURAINI
HUSAINI, A.Ma
ZUBAIDAH, A.Ma
SANAWIYAH, A.Ma
NURLAILA
CUT ATI BAHTINUR
HAYATI, S.Pd

Sains
Sains
Sains
Matematika
Matematika
Matematika
B. Indonesia
B. Indonesia
B. Indonesia
IPS/PKN
IPS/PKN
IPS/PKN
Tematis
Tematis
Tematis
Tematis

Guru
Guru
Guru
Guru
Guru
Guru
Guru
Guru
Guru
Guru
Guru
Guru
Guru
Guru
Guru
Guru
MIN LAMNO
SDN LHUET
SDN 2 LAMNO
SDN I LAMNO
SDN SANGO
SDN SANGO
SDN I LAMNO
SDN BABAH KRUENG
SDN LHUET
SDN BABAH KRUENG
SDN SABET
SDN I LAMNO
RA
SDN I LAMNO
SDN SANGO
SDN LHUET


Koordinator Gugus I



Ketua,


SHANTY, S.Pd
NIP. 19810604 200212 2 001

Lamno, 20 April 2010
Pengurus KKG Kls
Sekretaris,


SYAMSUDDIN RANI
NIP. 19690113 199901 1 002










STRUKTUR ORGANISASI KKG Kls GUGUS I LAMNO
MEUREHOM DAYA
SD INTI : SDN I LAMNO
TAHUN 2010-2015




MIN LAMNO


SDN LHUET







































Ketua,


SHANTY, S.Pd
NIP. 19810604 200212 2 001

Lamno, 20 April 2010
Pengurus KKG Kls
Sekretaris,


SYAMSUDDIN RANI
NIP. 19690113 199901 1 002


Tidak ada komentar: