Sabtu, November 28, 2009

Sohib2 ku


Aku sendiri…., hi blogqu tersayoonk….aq masih seperti biasa, walo sendirian dirumah ni tak apalah, temen 1 rumahqu waq dy lagi pulkam ke binje menemui my honeynya……(baca : istri). Toch aq dah biasa sendirian dirumah koq….
Whats………… tadi aq Cuma jalan2 doank ma mantan siswa aq keli2ng2 kota tercinta subulussalam, truz FB-an sampe capek sambil download2 lagu yg asyik2…
Kawan2 pada pulkam semua…., Hiks, hiks, hiks…..jadi sedih gak bisa pulkam, kampung nan jaoh di sano di LABURA,……, jadi kangen ma ma2’ tersayonk, trus kawan sepermainan dan seperjuangan…





Ni dia sohib qu yang paling baek, nama syahfril, panggilannya apem….
Dia temen aq dari ESEMPE sampe Kuliah, walo kami gak pernah satu kelaz tapi kami akrab sangat…….
Dulu dia pingin coba PNS di sini juga, berhubung ujiannya sama dia pilih di batu bara, eh… ternyata dia lulus jg….alhamdulillah
Dia ngajar di SMKN  1 indra pura, ngajar Olah Raga, liat tu badannya acem bina rangka eh bina raga….. he he he he
Orangnya baek, nggak sombong, rajin menabung, rajin ibadah, dll….
Trus orangnya lucu kali…. He he he he he



Rabu, November 25, 2009

Bukan Aku

Mungin ini bukan waktu ku
untuk merangkai makna dari nurani
menuai indah di hari yang pagi
terlalu pagi....

Kadang hati salah memilih
kadang nurani salah mencoba
kadang semua salah memberi
tak apalah hari tak salah

ku merasa mimpi tak salah
memilih lain, arti yang merah
mencari makna, kata yang lumrah
biarlah semua tak masalah...

kadang hati bertanya
mengapa bukan aku???
mengapa dia yang kau pilih
menjadi raja di hatimu
menjadi bunga di mimpi indah mu...
oh....salahkah bila aku bertanya

Subulussalam, 25 November 2009

Jumat, November 20, 2009

Salju, Fenomena Alam yang Menakjubkan : Cintaku Sehangat Salju


SAAT ini di Eropa dan wilayah utara bumi tengah musim dingin.Salah satu fenomena menarik saat musim dingin adalah salju. Menjadi unik karena kristal-kristal es yang lembut dan putih seperti kapas ini hanya hadir secara alami di negeri empat musim atau di tempat-tempat yang sangat tinggi seperti puncak gunung Jayawijaya di Papua. Kenapa salju secara alami tidak bisa hadir di wilayah tropis seperti negeri kita? Proses pembentukan salju
Untuk menjawab itu, bisa kita mulai dari proses terjadinya salju. Berawal dari uap air yang berkumpul di atmosfer Bumi, kumpulan uap air mendingin sampai pada titik kondensasi (yaitu temperatur di mana gas berubah bentuk menjadi cair atau padat), kemudian menggumpal membentuk awan. Pada saat awal pembentukan awan, massanya jauh lebih kecil daripada massa udara sehingga awan tersebut mengapung di udara – persis seperti kayu balok yang mengapung di atas permukaan air. Namun, setelah kumpulan uap terus bertambah dan bergabung ke dalam awan tersebut, massanya juga bertambah, sehingga pada suatu ketika udara tidak sanggup lagi menahannya. Awan tersebut pecah dan partikel air pun jatuh ke Bumi.

Bentuk Air di Antariksa Bulat, Mengapa?

wah

Salah satu sifat dasar air adalah selalu mengikuti bentuk wadahnya. Gaya gravitasi Bumi-lah yang membuatnya selalu menyesuaikan dengan bentuk ruangan di sekitarnya.
Namun, hukum fisika tersebut hanya berlaku di permukaan Bumi. Di antariksa, pengaruh gaya gravitasi memberikan efek berbeda terhadap air.
Seperti astronot, satelit, dan objek apapun, air juga melayang jika berada di orbit Bumi. Air, tidak akan mengikuti bentuk wadahnya dan akan selalu berbentuk bulat.

ANOMALI

Jauh ku melangkah
Meniti hari - hari
Yang semakin menepi
Mati......
Itu pasti
Yang terjadi
Pada setiap insani....

foto penjelajahan pramuka


Cahaya tak Memiliki Usia

ada satu benda di dunia ini, yang sudah ada semenjak alam semesta lahir, tapi tidak pernah merayakan hari kelahriannya alias tak berumur. Itulah foton, atau partikel cahaya. Tapi, bagaimana mungkin? Mari kita telaah dengan teori relativitas khusus Einstein.
Begitu mendengar teori relativitas khusus, ingatan kita spontan menuju konstanta kecepatan cahaya, kecepatan tercepat yang ada di jagad raya ini. Relativitas khusus mengatakan, ruang dan waktu, oleh Newtonian dianggap terpisah dan bernilai absolut, menyesuaikan diri mereka demi menjaga konstanitas kecepatan cahaya yang bernilai 3x108 meter/detik tersebut. Dengan kata lain, dimensi waktu akan melambat atau mencepat, dan dimensi ruang akan memanjang atau memendek, sehingga kecepatan foton selalu bernilai sama.
Konsep ini disimpulkan dengan satu kalimat, ”Benda bergerak akan merasakan waktu melambat dan ruang memendek.”
Konsep ini tidaklah sederhana, saat Einstein mempostulatkannya pada tahun 1905. Diperlukan puluhan tahun bagi para fisikawan untuk benar-benar bisa mengerti teori tersebut.
Sekarang mari kita ulangi percobaan fantasi yang pernah Einstein lakukan untuk memahami bagaimana waktu melambat dan ruang memendek.
Bagaimana waktu melambat?
Bayangkan kita memiliki dua buah jam-foton seperti pada Gambar 1. Kerja jam-foton tersebut adalah sebagai

Rabu, November 11, 2009

Kampung Halaman


 Gambar Jalan Menuju Desa Lobu Rampah
Kampung Halaman
nun jauh di sana di pedalam kabupaten labuhan batu sekarang telah terpisah menjadi kabupaten labuhan batu utara (LABURA), terkisah lah sebuah kampung yang bernama Lobu Rampuh itu kampung aku dilahirkan di besarkan, walau sampai sekarang keadaannya tidak banyak berubah seperti kampung - kampung tetangganya, jalan belum diaspal, masih becek kalau musim penghujan seperti gambar yang ada di atas. Desa Lobu rampah berada di kecamatan merbau.

Rabu, November 04, 2009

Artikel

PENGEMBANGAN SILABUS

A. Pengertian Silabus

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

B. Prinsip Pengembangan Silabus

1. Ilmiah
Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.

2. Relevan
Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.

KOMPONEN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN




A.  Tujuan Pendidikan Tingkat Satuan Pendidikan

Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dirumuskan mengacu kepada tujuan umum pendidikan berikut.
1.   Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
2.   Tujuan pendidikan menengah adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
3.   Tujuan pendidikan menengah kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.


B.  Struktur dan Muatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

Struktur dan muatan KTSP pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang tertuang dalam SI meliputi lima kelompok mata pelajaran sebagai berikut.
1.   Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia 
2.   Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
3.   Kelompok mata pelajaran  ilmu pengetahuan dan teknologi
4.   Kelompok mata pelajaran estetika
5.   Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan

Kelompok mata pelajaran tersebut dilaksanakan melalui muatan dan/atau kegiatan pembelajaran sebagaimana diuraikan dalam PP 19/2005 Pasal 7.